Monday, September 28, 2015

Diam dan Gerak

Sebelum kita meninjau pengertian gaya – gaya, marilah kita tinjau terlebih dahulu pengertian diam dan gerak. Tiap benda selalu berada dalam salah satu keadaan diam atau bergerak. Dengan memilih keadaan suatu benda terhadap barang – barang atau benda – benda yang berada di sekelilingnya dapatlah dipastikan apakah benda tadi diam atau bergerak. Sebagai contoh marilah kita ambil orang yang sedang berada di dalam mobil yang sedang berjalan. Terhadap mobil itu orang tadi berada dalam keadaan diam akan tetapi terhadap jalan yang dilaluinya, dia bergerak.
Ternyata di sini bahwa dalam menentukan apakah suatu benda / barang diam atau bergerak, haruslah ditinjau dari keadaan benda tadi dengan barang – barang yang berada di sekelilingnya.  Suatu benda yang terhadap sekelilingnya tidak beralih tempat atau keadaan, dikatakan diam. Bila dia beralih tempat atau keadaan, dikatakan bergerak.


Sebenarnya diam atau bergerak mempunyai pengertian relatif, oleh karena adanya perputaran bumi pada porosnya dan perputaran bumi mengelilingi matahari, jadi dapat dikatakan tidak ada suatu benda berada dalam keadaan yang pasti diam. Untuk merubah dari keadaan diam ke keadaan bergerak harus ada suatu gaya (misalnya mendayung, memutar, menekan). Demikian sebaliknya, dari keadaan bergerak ke keadaan diam diperlukan pula gaya (misalnya angin dari muka, pergeseran dan pengereman). Bila suatu benda bergerak, maka dia akan terus bergerak dengan kecepatan yang konstan, apabila tidak ada gaya – gaya yang bekerja padanya / mempengaruhi gerakannya.
Umpamanya sebuah batu dilemparkan miring ke atas, apabila tidak ada gaya yang bekerja padanya, maka batu tersebut akan hilang lenyap di angkasa. Akan tetapi oleh gaya beratnya batu itu akan jatuh kembali ke tanah. Pada tiap benda yang bekerja gayanya tak dapat dihilangkan, seperti : gaya berat, pergeseran, perlawanan udara dan gaya sentrifugal. 
Apa yang disebutkan di atas dapat disimpulkan dalan Hukum Kelembaman (penghambatan). Setiap benda tidak dapat dengan sendirinya merubah dari keadaan diam atau dari keadaan bergerak. Untuk dapat merubah keadaan di mana suatu benda berada harus ada gaya.

0 comments: